Dapatkan berbagai informasi tidak penting yang mungkin berguna untuk kehidupan yang penting

Monday 25 August 2014

Pentingnya Minum Kopi Sebelum Presentasi

Kopi adalah salah satu minuman yang nikmat dan tentunya mengandung kafein, di negara kita ini minuman kopi adalah salah satu minuman favorit masyarakat. Karena terdapat berbagai macam jenis kopi bahkan kopi yang paling mahal di dunia juga ada di negara kita yaitu kopi luwak. Sesuai dengan judul di atas, apasih hubungannya antara minum kopi dengan presentasi? Seperti yang sudah kami sebutkan, kandungan utama kopi adalah kafein yang akan membangkitkan semangat dan tentunya dapat menghilangkan rasa kantuk. Karena itu minum kopi sebelum presentasi dapat membantu anda meningkatkan semangat dan terjaga dari rasa kantuk sehingga presentasi anda menjadi lebih menarik. 

Manfaat Meminum Secangkir Kopi

Berikut ini penjelasan detail mengenai manfaat minum kopi sebelum presentasi yang kami kutip dari kompas.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kafein dapat meningkatkan daya ingat lebih kurang 24 jam, terhitung dari waktu kali pertama mengonsumsinya. Selain itu, penelitian juga menyimpulkan, mengonsumsi kafein sebelum ujian, meeting, presentasi, atau hal lain yang membutuhkan kemampuan menghapal, dianggap pilihan yang tepat.

Penelitian ini membagi responden dalam dua kelompok yang mempelajari beberapa jenis gambar selama lima menit. Kemudian, kelompok pertama  diatur untuk tidak rajin mengonsumsi kafein. Sementara itu, kelompok kedua diatur lebih rutin mengonsumsi tablet kafein 200 mg atau setara dengan satu cangkir kopi besar.

Keesokan harinya, ditemukan hasil ujian terbaik jatuh pada kelompok kedua yang mengonsumsi kafein secara teratur. Peneliti mengatakan, mereka yang memperoleh kadar kafein secara signifikan terbilang lebih tangkas dalam menjawab dan mengingat masing-masing gambar.

“Meskipun tidak teratur, tapi semua responden diberikan kafein sebelum ujian berlangsung. Hasil studi mengatakan mereka yang teratur mengonsumsi kafein mendapatkan nilai terbaik. Namun, sebenarnya, teori ini masih dalam pengembangan. Sebab, belum jelas apakah daya ingat yang baik ini dikarenakan kafein atau tingkat ketelitian dan kewaspadaan saat proses belajar,” ujar Michael Yassa, Ketua Penelitian, seperti dikutip Mirror.

Pendapat lain diutarakan oleh Dr Andras Sandberg, Neuroscientis dari Oxford University. Menurutnya, kafein memang bisa memperlancar proses belajar dan meningkatkan kemampuan menghafal. Namun, cara lain yang lebih ampuh untuk memompa daya ingat adalah dengan tidur.

0 comments:

Post a Comment