Dapatkan berbagai informasi tidak penting yang mungkin berguna untuk kehidupan yang penting

Saturday 16 August 2014

Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Nangka

ilustrasi:impiana-iman.blogspot.com

Salah satu buah yang banyak terdapat di negeri kita adalah buah Nangka, hal itu karena buah nangka dapat hidup dimana saja, umur pohonnya yang panjang serta dapat berbuah kapanpun tanpa mengenal musim. Buah Nangka memiliki rasa yang manis dan wangi yang harum saat sudah matang, tetapi buah Nangka juga dapat dijadikan sayuran saat belum matang. Tahukan kalian apa nutrisi yang terkandung di dalam buah Nangka? Selain rasa yang manis dan wangi yang harum, buah Nangka juga sangat baik untuk tubuh kita.

Kandungan Nutrisi Buah Nangka

1. Imunitas
Buah Nangka merupakan sumber vitamin C yang baik sehingga bersifat antiviral dan antibakteri. Vitamin C sangat bermanfaat untuk memperbaiki sistem imun dan meningkatkan fungsinya. Sistem imun yang sehat dapat melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.
2. Melindungi dari kanker
Bersamaan dengan vitamin C, buah nangka juga mengandung polinutrien yang mampu melawan kanker, seperti lignan, isoflavon, dan saponin. Nutrisi ini tidak hanya dapat mengikat radikal bebas yang memicu kanker, tetapi juga memperbaiki fungsi sel-sel sehat di dalam tubuh.
3. Memperbaiki pencernaan
Buah Nangka mengandung banyak serat pangan yang membuatnya memiliki sifat laksatif. Ini artinya nangka membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah konstipasi.
4. Kesehatan kulit
Paparan polusi, sinar ultraviolet, dan asap terhadap kulit seringkali tidak dapat terhindari. Padahal hal-hal tersebut dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan. Buah yang kaya antioksidan seperti nangka akan membantu memperlambat aktivitas radikal bebas yang menyebabkan penuaan.
5. Kesehatan tulang
Nangka mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga membantu memperkuat tulang. Rutin mengonsumsi nangka dapat meringankan risiko osteoporosis. Nangka juga mengandung potasium yang membantu mengurangi pembuangan kalsium di ginjal.

0 comments:

Post a Comment